Custom Search

12 Oktober 2010

Asteroid Lewati Bumi di Atas Singapura

LOS ANGELES--MICOM: Jet Propulsion Laboratory (JPL) dari NASA mengatakan bahwa ada sebuah asteroid kecil terbang ke dalam sistem Bumi-Bulan, namun tanpa probabilitas berdampak pada Bumi.

Asteroid TD54 2010, memiliki jarak terdekat dengan permukaan Bumi sekitar 45.000 km pada pukul 06.50 pagi waktu setempat. JPL menjelaskan saat itu asteroid melewati Asia Tenggara di sekitar wilayah Singapura.

Penulis : Annisa Indri Lestari

Selama melintas, asteroid tersebut memiliki probabilitas nol terhadap Bumi. Dalam pemantauan rutin, sebuah teleskop NASA yang disponsori Catalina Sky Survey dari Tucson-Arizona menemukan TD54 2010 pada 9 Oktober.

Menurut JPL yang berkantor pusat di Pasadena, California, ukuran asteroid TD54 2010 diperkirakan sekitar 5 sampai 10 meter. Karena ukurannya kecil, akan memerlukan teleskop ukuran sedang untuk melihatnya.

Selama ini belum pernah ditemukan asteroid berukuran tersebut dari 30 juta populasinya. Setiap hari benda luar angkasa tersebut melintasi Bumi dalam jarak Bulan.

Rata-rata setiap dua tahun, satu dari asteroid itu mencapai atmosfer Bumi kemudian habis terbakar dan tidak menyebabkan kerusakan di permukaan Bumi. JPL menyatakan jarak asteroid TD54 2010 dari permukaan Bumi adalah 52.000 km. (Xinhua/OL-5)