Custom Search

12 Oktober 2010

Periksa Jantung dengan Ponsel?


BERTUKAR data dari ponsel ke komputer? Itu sudah biasa. Riset yang dilakukan sejumlah peneliti di Belanda menunjukkan kalau bagian tubuh manusia dapat pula digunakan sebagai alat untuk tukar menukar data.

Penggunaan bagian tubuh manusia untuk mengirim informasi ke peranti seperti ponsel itu merupakan teknologi nirkabel jenis baru yang diberi nama jaringan area tubuh (body area network, BAN).

Sama seperti bluetooth, pertukaran informasi dari tubuh manusia disalurkan menggunakan media gelombang radio. Demo yang dilakukan menggunakan peranti lunak yang berjalan di sistem operasi Android dan menggunakan standar nirkabel radio nRF24L01+ menunjukkan BAN dapat digunakan untuk mengecek kondisi jantung manusia dan detak jantung atlet melalui ponsel.

Untuk memeriksa kondisi jantung, pengguna cukup menempelkan sejumlah alat sensor di tubuh mereka. Selanjutnya, informasi tentang kondisi jantung akan disalurkan lewat gelombang radio dan hasil pemeriksaan dapat dilihat di layar ponsel. Selain di layar, hasil pengecekan juga bisa dikirim melalui SMS. Canggih, bukan? (Noy/X-12)