Custom Search

12 Oktober 2010

Samsung, LG, HTC Siapkan Ponsel Windows Phone 7

SEBELUM merilis Windows Phone 7, Microsoft telah menjalin kerja sama dengan vendor ponsel Samsung, LG, dan HTC. Kerja sama itu menghasilkan ponsel cerdas (smartphone) yang berplatform Windows Phone 7.

Sebagaimana dikutip dari pcworld.com, peluncuran ponsel Samsung dan LG akan dimulai pada 21 Oktober 2010 mendatang. Pada hari itu, smartphone buatan Samsung, Omnia 7, akan menyambangi Prancis. Sementara LG Optimus 7 memulainya dengan pasar Eropa dan Asia. Setelah itu, kedua vendor ponsel asal Korea itu memperluas pasar ke Amerika Serikat.

Samsung datang dengan membawa smartphone seri Focus yang dibundel dengan layanan telekomunikasi dari operator Amerika, AT&T. Sedangkan LG hadir di Amerika dengan ponsel berbasis Windows Phone 7 keduanya, Optimus 7Q. Sama seperti Samsung, Optimus 7Q akan dibundel dengan layanan telekomunikasi dari AT&T. Namun, waktu peluncuran keduanya belum diketahui dengan pasti. Situspcworld.com menyebutkan Focus dan Optimus 7Q akan meluncur pada 21 November 2010. Padahal, cnn.com menuliskan Focus akan tersedia mulai 8 November 2010. Lalu, disusul dengan smartphone Surround dari HTC dan Quantum dari LG pada musim libur mendatang.

Ditengarai, smartphone Focus, Surround dan Quantum akan dipasarkan dengan harga yang sama, yaitu US$199,99. Sementara itu, CEO Microsoft Steve Ballmer mengungkapkan kalau sistem operasi Windows Phone 7 akan tersedia di sembilan model ponsel yang nantinya akan didistribusikan ke 30 negara.

Menurut Ballmer, Windows Phone 7 unik. ''Ponsel berbasis Windows Phone 7 berbeda dengan yang lain,'' katanya. Windows Phone 7 memiliki antarmuka yang khas dengan serangkaian ikon kecil untuk meluncurkan aplikasi. Antarmuka tersebut juga memudahkan navigasi. (Noy/X-12)