Custom Search

12 Desember 2008

Ujian CPNS Pemprovsu Digelar di Empat Kampus

Medan (SIB)
Kepala BKD Provsu Mangasing Mungkur SH MM mengatakan, ujian seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemprovsu akan dilaksanakan tanggal 16 Desember 2008 pukul 09.00 WIB. Peserta ujian akan ditempatkan di 4 lokasi, yakni UDA di Jalan Dr TD Pardede Nomor 21 Medan, UMSU di Jalan Kapten Muchtar Basri Nomor 3 Medan, UMA Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate dan UMA di Jalan Sei Serayu Nomor 70 A Medan.
Demikian disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut Mangasing Mungkur SH MM didampingi Kabid Program Pandapotan SH dan Kabid Humas Pimpinan Drs ML Tobing Mhum kepada wartawan, Kamis (11/12) di kantor Gubsu Medan.
“Seluruh peserta wajib hadir 30 menit sebelum ujian dimulai,” ujar Mungkur seraya menjelaskan jumlah pelamar yang dinyatakan memenuhi persyaratan dan berhak mengikuti ujian seleksi CPNS dilingkungan Pempropsu tahun 2008 mencapai 5091 orang. Penentuan lokasi ujiannya akan dilakukan berdasarkan kualifikasi pendidikan.
Untuk pelamar CPNS kualifikasi pendidikan D III Keperawatan, S1 Teknik Geologi dan D III Gizi ditempatkan di Kampus UDA. Kemudian kualifikasi pendidikan D III Ekonomi Akuntansi dan S1 Ekonomi Akuntansi ditempatkan di Kampus UMSU.
Berikutnya kualifikasi pendidikan D III Komputerisasi Akuntansi, S1 Arsitektur, S1 Teknik Sipil dan S1 Perencanaan Wilayah dan Kota di Kampus UMA Jalan Kolam Medan Estate dan untuk kualifikasi pendidikan D III Fisioterapi, S1 Teknik Pertambangan, D III Teknologi Pangan, S1 Teknik Perminyakan, Dr Spesialis THT, Dr Spesialis Mata, Pelatih Drum Band, Pelatih Polo Air, Pelatih Tinju, Pelatih Renang, Pelatih Karate, Pelatih Wushu, Pelatih Judo dan Pelatih Hookey di Kampus UMA Jalan Sei Serayu Medan.
“Lokasi ruangan dan nomor bangku peserta ujian harus sudah dilihat tanggal 15 Desember 2008, mulai pukul 16.00 WIB sampai 18.00 WIB,” ujarnya.
Untuk menghindari adanya “Joki”, menurut Mungkur, panitia pelaksana ujian akan menempelkan nama, nomor dan foto di bangku ujian. Peserta juga diwajibkan membawa nomor ujian asli. “Sedangkan penjelasan lebih rinci tentang pembagian nomor dan ruangan ujian dapat dilihat langsung di lokasi ujian masing-masing,” jelasnya.
Disampaikan juga, pelaksanaan ujian penerimaan CPNS ini akan dilaksanakan secara serentak di 16 kabupaten dan kota yang bekerjasama dengan USU.
9 Kabupaten/kota
Mangasing Mungkur menilai sembilan kabupaten/kota yang tidak menjalin kerjasama dengan USU yakni Tapteng, Batubara, Sibolga, Simalungun, Nias, Pakpak Bharat, Tobasa, dan Tapsel termasuk nekat. “Tidak ada alasan mereka untuk tidak kerjasama dengan USU, yang jelas kebenarannya diragukan,” ujar Mungkur.
Sama halnya dengan Batubara, yang penjabat bupatinya juga eselon II di Pemprovsu dalam penerimaan CPNS 2008 ini menjalin kerjasama dengan UI dan tidak ‘manut’ dengan Gubsu. Bahkan menurut Mungkur, pihaknya telah menyurati Pj Bupati yang bersangkutan bahkan telah melakukan pertemuan. “Sudah kita surati dan sudah lakukan pertemuan, tak manut juga dan ini sudah kita laporkan kepada Gubsu,” ujar Mungkur.
Ketika hal ini dikonfirmasi kepada Pj Bupati Batubara Drs Syaiful Syafri MM bahkan dirinya belum pernah dihubungi dan diundang secara resmi oleh BKD Provsu dan menurutnya juga bahwa baru, Kamis pagi (11/12) diketahui melalui media bahwa penerimaan CPNS dapat bekerjasama dengan USU.
Syaiful Syafri juga menilai bahwa BKD Provsu kurang melakukan sosialisasi dan mengenai penerimaan CPNS ini kebijakannya diserahkan kepada Sekda dan BKD setempat. “Perhitungan saya, jaman penerimaan CPNS tidak lagi pada masa pemerintahan saya jadi kebijakan untuk itu saya serahkan kepada Sekda dan Kepala BKD,” ujar Syaiful Syafri seraya menyebutkan bahwa, menurut keterangan Sekda dan BKD Batubara, penerimaan CPNS, Pemkab Batubara berpedoman pada Surat Edaran Menpan. (M3/m)