Custom Search

26 Oktober 2008

DPR Jalan-jalan ke Luar Negeri, Pelajar RI Curhat ke SBY

Anwar Khumaini - detikNews

Beijing - Di sela-sela kunjungannya ke China dalam rangka mengikuti KTT Asian Europe
Meeting (ASEM), Presiden SBY menyempatkan diri melakukan teleconference dengan para pelajar Indonesia di luar negeri yang sedang menyelenggarakan kongres di Belanda. Dalam teleconference tersebut, SBY dicurhati mahasiswa soal banyaknya anggota DPR yang sering jalan-jalan ke luar negeri.

"Pak Presiden, akhir-akhir ini banyak anggota DPR kita yang jalan-jalan ke luar negeri. Saya minta bapak menasihati mereka, terutama dari Partai Bapak, kalau ada," ujar mahasiswa Indonesia yang kuliah di Australia, Fahmi, saat berbincang-bincang dengan SBY via telepon, Sabtu (25/10/2008).

Saat melakukan teleconference dengan SBY, Fahmi sedang berada di Den Haag,
Belanda untuk mengikuti Konferensi Pelajar Indonesia bersama dengan para pelajar Indonesia lainnya yang kuliah di luar negeri. Acara konferensi tersebut merupakan salah satu dari peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Mendengar pertanyaan tersebut, SBY tampak tersenyum dan berkata. "Untuk DPR yang ke luar negeri saya tidak berani berkomentar. Tapi saya telah memberi perintah cukup keras untuk membatasi kegiatan ke luar negeri bagi pemerintah," jawab SBY.

Ke luar negeri, menurut SBY sah-sah saja. Tapi harus dilihat terlebih dahulu
manfaat apa yang dihasilkan dari kunjungan tersebut.

"Studi banding ke luar negeri harus dilihat apa manfaatnya. Kalau membawa
manfaat, tida bisak diwakilkan, maka harus efisien dengan membatasi waktu ke luar negeri," kata SBY.

Selain telekonference dengan pelajar di Belanda, SBY juga melakukan hal yang
sama dengan pelajar Indonesia yang ada di Jerman. Pelajar di Jerman menanyakan komitmen SBY untuk memprioritaskan pembangunan kepada rakyat miskin meskipun tahun depan dia sudah disibukkan dengan pemilu.

"Program untukmengurangi kemiskinan dan pengangguran sudah direncanakan sejak 5 tahun. Mestinya siapa pun presidennya, ya harus tetap dijalankan," jelas kakek satu orang cucu ini.

SBY juga melakukan teleconference dengan Ketua KONI Rita Subowo yang saat ini sedang berada di Bali mengikuti acara Asian Beach Games. Dalam perbincangan tersebut, SBY diberitahu bahwa Indonesia sementara menjadi juara umum dalam pertandingan yang baru pertama digelar tersebut.(anw/rdf)